Alami Pertumbuhan Pengguna di Indonesia

Posted on


Riset Paylater

Hikawan.com— Riset paylater dari Kredivo menyatakan bahwa pengguna layanan tersebut semakin bertumbuh di Indonesia. Pertumbuhan tersebut diharapkan dapat jadi sinyal baik bagi perkembangan ekonomi digital yang lebih inklusif.

Pada konferensi pers Kredivo yang dilakukan hari ini (20/7) di Senayan, Jakarta Selatan, Kredivo mengungkap riset paylater yang dilakukanya bersama Katadata Insight Center. Dimana menunjukkan pertumbuhan positif dari sisi penggunaan.

Berdasarkan Laporan Perilaku Konsumen E-commerce Indonesia yang diterbitkan oleh Kredivo dan Katadata Insight Center tahun 2022, menunjukkan bahwa paylater mengalami pertumbuhan dari sisi penggunaan. Yakni, berhasil mencapai angka 38% untuk konsumen yang menggunakan paylater saat berbelanja di e-commerce dalam satu tahun terakhir.

Riset Paylater
Photo by freestocks on Unsplash

Angka dari riset paylater tersebut meningkat dibandingkan tahun sebelumnya. Dimana terhitung sebanyak 28% konsumen yang menggunakan paylater untuk berbelanja di e-commerce.

Sementara, riset tersebut juga mengungkap adanya peningkatan persentase konsumen yang menggunakan paylater lebih dari satu bulan dibandingkan dengan tahun lalu, dari 23% meningkat menjadi 27% di tahun ini. Peningkatan tersebut diharapkan dapat menjadi sinyal baik terkait potensi paylater yang diharapkan dapat menjadi katalisator pertumbuhan ekonomi digital yang lebih inklusif di Indonesia.

Riset Paylater: pengguna rasakan manfaatnya

Melihat peningkatan yang pada jumlah pengguna layanan dari riset paylater tersebut, dapat dikatakan bahwa penggunaan paylater kini jadi bagian dari lifestyle. Hal tersebut disebabkan masyarakat semakin familiar dengan metode pembayaran tersebut dalam berbelanja online.

“Kami lihat paylater bukan hanya peluang tapi jadi gaya hidup,” ungkap Rudy Tandjung, Consumer Banking Director of Bank DBS Indonesia pada konferensi pers dengan Kredivo hari ini pada (20/7).

Riset Paylater

Terlebih juga, mereka menemukan banyaknya manfaat dan fleksibilitas dalam pembayaran cicilan yang ditagihkan. Hal tersebut dikarenakan pembayaran paylater dapat dilakukan secara berkala.

Berdasarkan riset paylater yang diterbitkan oleh Kredivo dan Katadata Insight Center pada bulan Juni lalu, sebanyak 90% dari responden mengetahui adanya metode pembayaran menggunakan paylater. Sedangkan, 56% responden merasa manfaat fleksibilitas dengan adanya metode pembayaran Paylater.

Sementara, 55% responden menilai kemudahan akses Paylater membantu mereka yang sebelumnya kesulitan mendapatkan kredit. Selain itu, 51% responden menilai dari segi keamanan karena Paylater yang terintegrasi dengan e-commerce sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

Riset paylater tersebut dilakukan dengan memanfaatkan data premier dengan 16 juta sampel transaksi pembayaran yang berasal dari 1,5 juta sampel pengguna Kredivo di lima e-commerce terbesar Indonesia.



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.