Cinta Laura Ajak Pengguna TikTok Bikin Konten Autentik, Jadi Diri Sendiri

Posted on


Cinta Laura

Hikawan.com— Cinta Laura ajak pengguna untuk bikin konten yang autentik dan jadi diri mereka sendiri. Sekaligus, merangkul para generasi muda untuk tidak berpaku pada nilai.

Beberapa waktu lalu, Cinta Laura didapuk sebagai campaign ambassador untuk kampanye #SerunyaBelajar Ada di TikTok. Tujuan dihadirkannya kampanye ini adalah untuk mengajak pengguna menikmati dan berbagi semangat belajar melalui konten edukatif di TikTok.

Tentunya, kampanye TikTok ini sejalan dengan kepercayaan Cinta Laura dalam meningkatkan pendidikan di Indonesia. Apalagi di zaman yang makin modern ini kita dapat memanfaatkan media digital dalam proses pembelajaran.

Menurut Cinta sendiri, manfaat dari adanya platform TikTok dan kampanye #SerunyaBelajar Ada di TikTok ini dapat menjadi sebuah kesempatan untuk anak muda mendapatkan metode belajar yang interkatif, mudah diinternalisasi dan sesuai dengan mereka. Sehingga, dapat pula lebih mudah diaplikasikan dalam kehidupan nyata.

“Itu penting sekali, karena kadang-kadang banyak hal yang pelajari di sekolah nggak selalu kita bisa aplikasikan ke kehidupan nyata,” pungkas Cinta dalam peluncuran kampanye #SerunyaBelajar Ada di TikTok pada pekan lalu.

Cinta Laura

Berbicara seputar membuat konten edukatif di TikTok, Cinta Laura menyatakan bahwa kita harus membuat konten yang autentik dalam kata lain menjadi diri kita sendiri. Mulai dari cara berbicara, genre konten, hingga konten yang akan disajikan.

Dengan kita menunjukkan sisi autentik dari diri kita sendiri, semakin banyak juga orang yang mengapresiasi konten yang kita sajikan. Semakin sering kita menunjukkan keunikan dari diri kita sendri, semakin beragam pula hal yang disajikan dalam konten yang kita buat. Dengan begitu, kita dapat mempelajari sudut pandang orang dari berbagai macam latar belakang, sehingga kita dapat menjadi lebih adaptif dan open minded.

“Jadi, sebagai orang-orang yang mungkin ingin mencoba untuk bikin konten edukatif atau inspiratif di tiktok just be your genuine self, berbicaralah seperti kita berbicara sehari-hari, nggak usah berpikir bahwa ada rumus untuk membuat konten yang baik,” imbuh Cinta.

Lulusan Columbia University ini juga menambahkan bahwa zaman sekarang kita semua sudah tidak mencari role model lagi untuk dijadikan contoh. Melainkan, sahabat belajar.

“I think sebagai konten kreator di tiktok, itu juga yang harus kita pikirkan. kita bukan lagi seseorang yang misalnya di atas orang lain, tapi kita adalah sahabat para user-user tiktok dan dengan kita mengambil peran sahabat atau u know… teman atau orang-orang sehari-hari, orang-orang juga jadi lebih comfortable dan nyaman untuk belajar dari kita,” ujar Cinta Laura.

Berbagi kisah seputar keinginan Cinta untuk menyebarkan semangat belajar adalah ia melihat bahwa masih banyak anak muda yang menganggap diri mereka tidak kompeten karena nilai mereka tidak bagus. Baginya, mindset ersebut harus segera diubah.

“Karena aku rasa walaupun cara berpikir orang-orang di masyarakat kita udah mulai berubah aku sadar bahwa banyak sekali anak muda tuh masih terpaku oleh nilai yang mereka lihat di sebuah kertas,” ungkap Cinta.

Cinta juga menambahkan bahwa semua orang punya keunggulan masing-masing. Maka dari itu, kita tidak perlu mengecap diri kita sendiri maupun orang lain tidak kompeten hanya dari nilai maupun tes standar sekolah yang kita dapatkan di kampus dan sekolah tidak sesuai dengan keinginan kita.

Cinta Laura akui sering “hilang” di dunia TikTok

Membahas seputar konten edukasi TikTok yang ia sukai, Cinta Laura sempat mengaku bahwa dirinya sering hilang di platform tersebut sebelum tidur. Hal tersebut dikarenakan dirinya menyukai dengan konten yang disediakan oleh TikTok.

“Algoritma tiktok tuh gila banget ya, bener-bener tau apa yang aku suka. Jadi kadang-kadang, im not gonna lie… aku sebelum tidur kadang-kadang bisa mungkin sejam hilang di dunia TikTok saking suka dengan semua konten-konten yang aku liat,” tutur aktris yang sering mendapat resep memasak dari akun TikTok-nya.

Cinta Laura
Foto: Instagram/@claurakiehl

Menurutnya, konten-konten tersebut sangat membantu dirinya yang memang lebih suka memasak di rumah. Salah satu resep yang paling sering ia dapatkan dari TikTok adalah resep salad dan ayam panggang yang enak.

Selain resep memasak, Cinta juga menyukai konten-konten life hacks. Seperti memecahkan soal matematika. Serta, akun belajar bahasa Inggris dengan mudah yang dimiliki oleh Arnold Parloti.

“Terus yang bikin aku sedih adalah sekarang kan aku udah lulus sekolah jadi gak terlalu butuh perlu ilmu matematika yang terlalu hi-tech,tapi kalo dulu jaman sekolah udah ada tiktok, aduh.. like aku suka liat hacks gitu… gimana mencari persentase dari sebuah nomor dengan cara yang singkat tanpa harus berpikir panjang lebar. If i had known in school, it would make my life so much easier,” tutup Cinta Laura.



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.