Hati-hati! Pelaku Kejahatan Siber Menguras Rekening Penggemar Serial Stranger Things

Posted on


Meskipun jeda tiga tahun karena penundaan terkait pandemi, serial Stranger Things sangat diantisipasi dan, sekali lagi, berhasil menduduki puncak tanggaa streaming. Sayangnya, antusias penggemar untuk melihat episode baru telah disalahgunakan secara aktif oleh para penipu. Peneliti Kaspersky menemukan banyak contoh email spam dan halaman phishing yang dirancang untuk mencuri uang dan informasi pribadi para penggemar ini.

Meski episode baru sudah dirilis, namun para penggemar masih belum aman, karena tidak semuanya memilih untuk menonton serial tersebut di situs resminya. Ketika pengguna menolak untuk membayar langganan layanan streaming dan memilih untuk menontonnya melalui situs tidak sah, akhirnya mereka membayar harga yang lebih mahal dengan kehilangan informasi pribadi dan data kartu perbankan.

"Stranger Things"

Mengambil keuntungan dari antusiasme seri populer ini, beberapa pelaku kejahatan siber telah memberikan penawaran kepada pengguna “tontonlah episode baru hanya dengan $1.”

Untuk mengakses penawaran ini, pengguna diminta untuk mendaftarkan akun baru dan memasukkan alamat dan detail bank mereka. Setelah memasukkan informasi, penipu kemudian menguras rekening korban, dan tanpa memberikan akses menuju serial tersebut.

Pakar Kaspersky telah mendeteksi email spam yang juga menyalahgunakan popularitas Stranger Things. Email tersebut digunakan untuk menjual produk dengan kualitas yang mencurigakan dan disebarkan melalui email promosi tanpa persetujuan penerima.

Misalnya, di salah satu email spam, pengguna diberi kesempatan untuk membeli kaos grafis edisi terbatas yang terkait dengan musim terbaru Stranger Things. Situs ini mendukung semua fitur bahasa dan mata uang untuk pembayaran.

Ini mungkin bukan halaman phishing, tetapi fakta bahwa iklan produk ini dipromosikan melalui spam dan domain yang baru dibuat menimbulkan kecurigaan tentang keamanan pembeliannya.

“Penggemar harus berhati-hati karena dengan memilih menghemat uang untuk berlangganan layanan streaming dapat menyebabkan mereka kehilangan lebih banyak,” ujar Olga Svistunova, pakar keamanan di Kaspersky.

Baca juga : Telkomsel dan BKKBN Jalin Kolaborasi Strategis, Dukung Program Pencegahan Stunting di Indonesia



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.