Laptop Suara Tidak Keluar? Begini Solusinya! — DYP.im

Posted on


Suara Laptop Hilang dan Cara Mengatasinya – Apakah Anda sedang mengalami masalah dengan laptop saat ini? Misalnya, laptop yang tidak bisa mengeluarkan suara. Bagaimana cara mengatasi laptop tidak ada suara ini?

Laptop Suara Tidak Keluar
Mengatasi Laptop Suara Tidak Keluar dengan Mudah

Seperti yang Kita ketahui, siapa yang tidak memiliki laptop? Hampir setiap anak muda di Indonesia memiliki laptop untuk berbagai keperluan mereka.

Laptop sendiri adalah semacam komputer yang bisa dipindahkan dengan mudah. Laptop ini sendiri memiliki ukuran yang lebih ringan dan kecil.

Umumnya laptop bisa dilipat dengan berat hanya sekitar 1 hingga 6 kg saja. Hal ini tergantung dengan spesifikasi serta ukuran dari laptop tersebut.

Dengan ukurannya yang ringan dan kecil, tak heran jika laptop seringkali dipilih oleh kebanyakan orang dibandingkan komputer.

Laptop sendiri juga mudah dibawa ke mana-mana karena memiliki baterai yang tidak harus dihubungkan dengan sumber listrik agar bisa menyala. Dengan laptop tentu pekerjaan manusia pun bisa terbantu dengan lebih efektif.

Terlebih seiring berkembangnya zaman, laptop juga memiliki spesifikasi yang cukup lengkap dengan harga beli yang cukup terjangkau.

Ada beberapa produk laptop yang bisa Anda beli dengan harga dua hingga tiga jutaan saja. Namun hanya dengan fitur terbatas. Untuk itu, apabila Anda menginginkan fitur yang cukup lengkap maka Anda juga harus rela mengeluarkan biaya lebih banyak.

Sayangnya, meski banyak orang yang memiliki laptop sebagian besar dari mereka tidak mengetahui cara mengatasi masalah pada laptop.

Kenapa Laptop Tidak ada Suaranya?

Seperti masalah yang sempat disinggung di awal yakni laptop tidak ada suara. Lantas, apakah Anda sebagai pengguna laptop mengetahui cara mengatasi laptop tidak ada suara tersebut?

Untuk itu, dirasa sangatlah penting bagi Anda para pengguna laptop untuk mengetahui seperti apa cara memperbaiki laptop yang tidak mengeluarkan suara tersebut.

Pasalnya, terkadang suara menjadi hal penting yang Anda butuhkan. Entah itu dalam menonton film, menonton Youtube, dan lain sebagainya.

Tentu saja laptop yang tidak mengeluarkan suara apapun akan membuat Anda merasa tidak nyaman dan bingung harus melakukan apa. Terlebih jika Anda bekerja menggunakan laptop tersebut yang perlu mengeluarkan suara.

6 Langkah Mengatasi Laptop Tidak Keluar Suara

Jangan khawatir, karena di bawah ini akan diulas mengenai berbagai langkah mudah dalam mengatasi laptop yang tidak ada suara.

#1. Mengatasi Suara Laptop Hilang dengan Menginstall Ulang Driver Audio

Umumnya, sebagian besar laptop dapat mengeluarkan suara tanpa adanya driver sekalipun. Itulah mengapa Anda bisa mendengarkan suara dari laptop bahkan saat proses instalasi Windows sekalipun.

Hanya saja masih ada banyak orang yang masih melakukan penginstalan Driver Audio.

Driver Audio sendiri terkadang juga bisa menjadi salah satu penyebab adanya masalah suara pada laptop. Diantaranya seperti:

  • Ketika Driver Audio yang sudah diinstall mengalami kerusakan, maka bisa menyebabkan suara pada laptop tidak akan keluar
  • Kemudian saat Anda tidak sengaja melakukan mute suara laptop lalu tidak bisa dikembalikan karena error
  • Adapun masalah lain seperti Bug ataupun Crash pada Driver yang mengakibatkan laptop tidak bisa bersuara

Lantas bagaimana cara mengatasi beberapa masalah mengenai Driver Audio tersebut? Solusi yang bisa Anda lakukan sebenarnya simple.

Anda hanya perlu melakukan install ulang Driver Audio sehingga masalah yang ada akan hilang dengan sendirinya.

mengatasi laptop suara tidak keluar

Silakan download driver audio langsung dari website resmi brand laptop Anda. Sebagian brand memudahkan Anda dengan fitur auto detect jenis driver dan versinya yang Anda butuhkan.

Baca juga :

#2. Lakukan Reinstall Driver Audio Bawaan Windows

Bagi Anda yang menggunakan laptop dengan Driver Audio yang secara otomatis sudah terinstall pada device manager di Windows, maka Anda bisa melakukan beberapa langkah di bawah ini:

  • Atau klik Start kemudian pada kolom search ketik Device Manager, lalu buka.

Device Manager

  • Kemudian buka subkategori yakni Sounds, Video, and Game Controllers
  • Klik kanan pada audio yang terinstall
  • Pilih Update Driver software, kemudian ikuti petunjuk penginstallannya
  • Jika belum bekerja maka Anda bisa pilih Device Manager, buka subkategori yang sama dan pilih audio yang terinstall
  • Klik audio dan pilih uninstall, kemudian ikuti petunjuk sampai selesai
  • Restart laptop hingga Windows akan install ulang Driver

#3. Mengatasi Laptop Tidak Ada Suara dengan Mengecek Setting Speaker

Langkah selanjutnya dalam mengatasi laptop yang tidak ada suara adalah dengan memeriksa kondisi setting speaker.

Anda perlu memastikan bahwa speaker tidak dalam kondisi mute. Untuk mengeceknya, Anda bisa melihatnya pada bagian kanan taskbar Windows tepatnya pada shortcut.

Anda juga bisa mengetahuinya melalui pengaturan Sounds pada Control Panel dengan beberapa cara berikut:

sound - control panel
Sound – Control Panel
  • Pilih Sound dan atur keseluruhan settingan device audio laptop di sana

#4. Mengatasi Laptop Tidak Ada Suara dengan Memastikan Speaker ‘Able’

Masih pada menu Sound, terdapat sebuah pengaturan bernama Disable Speaker. Apabila pengaturan tersebut aktif, maka tentu saja speaker laptop tidak akan pernah mengeluarkan suara. Adapun deteksi speaker juga akan menghilang secara otomatis.

Untuk itu, Anda perlu memastikan speaker able kembali dengan:

Laptop Suara Tidak Keluar? Begini Solusinya! 1

  • Klik kanan pada list Playback device laptop
  • Klik Show Disable Device (Pastikan tercentang)

Meski terlihat cukup sepele, namun Anda jangan sampai lupa untuk mengecek bagian ini. Pasalnya, terkadang posisi default speaker dapat berubah dengan tidak sengaja.

Baca juga :

#5. Ganti Posisi Default pada Speaker Laptop

Jika Anda tidak sengaja mengganti posisi default audio dan lupa mengembalikannya pada posisi semula, maka Anda bisa melakukan cara berikut:

  • Pada menu Hardware and Sound klik Sound
  • Klik kanan pada speaker yang digunakan lalu pilih Set as default device

Selain beberapa cara di atas, pastikan juga tidak ada headset yang sedang tersambung pada laptop. Pasalnya secara default, laptop juga akan memute speaker meskipun headset disambungkan.

#6. Coba Tes Suara Laptop Menggunakan Speaker Eksternal

Langkah terakhir yang bisa Anda lakukan untuk menyalakan kembali suara pada laptop adalah dengan mengetesnya menggunakan speaker eksternal.

Jika hal ini berhasil dilakukan, maka bisa dipastikan bahwa komponen internal bagian dalam laptop Anda mengalami kerusakan. Sedangkan audio card laptop masih normal.

Namun, jika Anda sudah mengeceknya menggunakan speaker eksternal dan laptop masih tidak bersuara, maka bisa jadi audio card laptop Anda mengalami kerusakan.

Untuk mengatasinya, maka Anda bisa menggunakan cara berikut:

  • Beli USB Sounds dan coba sambungkan dengan speaker ke USB Sounds yang telah tersambung dengan laptop
  • Anda bisa melakukan perbaikan laptop agar bagian komponen suara tidak rusak kembali.

Itulah beberapa langkah mudah dalam mengatasi laptop yang tidak ada suara. Beberapa cara di tas bisa Anda lakukan sendiri di rumah tanpa kesulitan.

Pasalnya, laptop yang tidak bisa bersuara bisa saja disebabkan oleh berbagai macam hal. Untuk itu, Anda perlu melakukan berbagai cara untuk menyalakan suara itu kembali.


Beberapa cara di atas tentu cukup membantu bagi Anda yang ingin memperbaiki laptop tidak ada suara-nya.

Dengan melakukannya sendiri, maka Anda tidak memerlukan biaya lebih ketimbang melakukan service laptop yang bisa saja memakan biaya yang tidak sedikit.

Semoga bermanfaat.



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.