Review realme GT Neo 3 80W, Desain dan Fast Charging

Posted on


realme GT NEO 3 80W

Hikawan.com — realme GT Neo 3 80W meluncur dengan varian lainnya yang didasari kecepatan pengecasan atau isi daya, yakni 150W. Dari sisi kecepatan memang sudah tidak sangsi lagi jika varian 150W memiliki kecepatan pengisian daya yang supercepat. Namun sepertinya varian 80W juga tidak kalah menarik.

Kebetulan Gadgetdiva telah mencoba sekitar dua minggu lebih dan memegang realme GT Neo 3 80W. Dari sekian lama memegang smartphone tersebut, setidaknya ada tiga hal yang bisa diingat selalu. Tiga hal tersebut adalah balapan, isi daya supercepat, dan foto malam hari yang bisa diandalkan.

Berikut ini kami coba bahas satu persatu mengenai keseluruhan fitur dan ‘daleman’ yang ada di realme GT Neo 3 80W.

Desain

realme GT NEO 3 80w

Warna biru dongker sudah membuat smartphone ini memiliki ciri khas. ditambah dengan motif garis tebal yang mirip dengan kesan balapan. Ini merupakan dua hal yang membuat realme GT Neo 3 mudah dikenali secara jelas dengan hanya melihat dari jauh. Warna dan motif ini pun membuat smartphone ini terlihat macho. Namun bagi paradiva yang menyukai warna biru dongker, tak apa juga memiliki smartphone dalam genggaman kita yang lentik ini. Di bagian bawah smartphone ada tulisan khas realme Dare to Leap, yang seolah membelah dua garis tebal ini. Desain plastik yang diusung smartphone ini memang terkesan murahan, tapi hal itu langsung terbantahkan dengan desain yang menarik ini.

Di bagian atas ada rumah kamera berbentuk kotak panjang. Kamera paling atas memiliki ukuran yang cukup besar, sedangkan dua kamera lainnya berukuran standard. Di tengah antara ketiga kamera itu diletakkan lampu flash LED. Ada tulisan untuk menegaskan teknologi yang digunakan kamera tersebut, yakni 50MP Matrix OIS Camera. Ini artinya, resolusi kamera utama sekitar 50MP dengan dibekali teknologi OIS atau optical image stabilizer.

Slot sim card ada di bagian bawah, bersamaan dengan port USB type C dan empat lubang speaker. Tombol volume ada di sebelah kiri dan di seberang tersemat tombol on/off. Tak ada lubang headphone jack di sini. Ini artinya, realme juga bersama dengan vendor smartphone lain yang ingin mempopularkan true wireless stereo (TWS) tanpa kabel alias mengandalkan bluetooth.

Layar

realme GT NEO 3 80W menggunakan layar AMOLED seluas 6,7 inci beresolusi Full HD. Layarnya yang jernih ini dimaksimalkan dengan adanya dukungan refresh rate 120Hz yang membuat transisi jadi lebih halus. Di sini ada lubang kamera depan di bagian atas dan area bagian bawahnya berfungsi sebagai pemindai sidik jari atau in-display fingerprint.

Layar smartphone anyar realme ini juga mendukung Color Garmut 100 persen P3. Ini berarti akurasi warna dari layar sangat akurat mendekati warna aslinya. Di bawah layarnya terbenam fingerprint scanner untuk memudahkan membuka kunci layar. Sebagai pelindung, realme melapisi layarnya dengan Corning Gorilla Glass 5. realme mengklaim adanya teknologi Dedicated Display Processor menyediakan kemampuan interpolating frame yang bisa memperkirakan lintasan gerak objek pada layar berkat algoritma canggih. Teknologi motion compensation frame membantu membuat visualisasi gambar lebih halus.

Kamera realme GT Neo 3 80W

realme GT NEO 3 80w

Di smartphone realme GT Neo 3 80W ini ada kamera utama yang dibekali resolusi 50MP dengan teknologi ProLight Imaging dan sensor Sony IMX766. Dilengkapi juga dengan dua kamera lainnya yaitu lensa ultra wide angle 119 derajat 8MP dan lensa makro. Untuk merekam video atau mengambil gambar, bisa diandalkan dengan menghasilkan foto yang stabil berkat adanya fitur OIS dan EIS Stabilization.

Kamera ini cukup apik untuk mengambil gambar di malam hari dan video di kondisi kurang cahaya. Ponsel ini menggunakan sensor Sony IMX766 di kamera utamanya. Chip besar berkualitas tinggi ini membuka fitur seperti video HDR, dan menghasilkan gambar yang hidup hampir sepanjang waktu.

realme gt neo 3 80w
Selfie Portrait
realme gt neo 3 80w
Makro

realme gt neo 3 80w

realme gt neo 3 80w
Kamera depan
realme gt neo 3
50MP
realme gt neo 3
Night Mode
realme gt neo 3
Night Mode

Dalam kondisi pencahayaan berlimpah, hasil foto terlihat tajam dengan reproduksi warna cukup akurat dan dynamic range lebar. Namun begitu masuk ke kondisi indoor, hasil foto terlihat lebih kontras dari aslinya. Hasil tangkapan foto malamnya pun cukup baik di kelasnya, dengan pengambilan shutter relatif instan pada mode malam. Ada banyak mode kamera yang bisa dicoba mulai dari tilt-shift, Pro untuk parameter foto manual, Movie untuk video manual, sampai mode Street yang pas untuk jenis foto sesuai namanya.

Performa Prosesor

realme GT Neo 3 juga punya spesifikasi dapur pacu kencang. Performa tersebut hadir dari MediaTek Dimensity 8100 5G. Di sini ada dukungan RAM 8GB LPDDR5 dengan memori internal UFS3.1 128GB untuk versi SuperDart Charge 80W yang Medcom.id coba. Varian lain dengan 150W UltraDart Charge punya RAM 12GB dan tentu saja harga berbeda yang sempat kami sebut di berita peluncuran.

Prosesor MediaTek 8100 SoC yang diusung memang tidak sepopular chipset besutan Qualcomm. Namun Dimensity 8100 selalu dibandingkan kehebatannya dengan Snapdragon 888. Bahkan diakui jika performa chipset ini lebih stabil ketimbang Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1.

Prosesor ini juga diklaim mampu mengurangi pemakaian daya. Dedicated Display Processor akan memodifikasi gambar yang diberikan oleh GPU dan menampilkannya ke layar, serta mengurangi beban GPU dan mengurangi konsumsi daya baterai smartphone.

Baterai

realme GT Neo 3 80W ini memiliki kapasitas baterai 5000 mAh. Pemakaiannya bisa bertahan selama hampir dua hari untuk pemakaian normal, namun tidak sering digunakan dalam bermain game. Jika kapasitas baterainya menipis, bisa saja mengaktifkan fitur Power Savind Mode agar bisa bertahan dalam waktu lebih lama, bahkan sampai tiga jam. Ada juga Super Power Saving Mode yang lebih canggih lagi menghemat baterai tipis.

Teknologi pengisian daya ini memiliki banyak fitur. Ada teknologi Dual Charge Pump Parallel Architecture yang mampu meningkatkan tingkat konversi pengisian hingga 98,5% sekaligus meredam panas. Lalu ada teknologi Battery Sense Voltmeter untuk mendeteksi voltase sel baterai, serta menyesuaikan pengisian daya yang tepat selama proses charging.

Dalam realitanya, kami mencoba melakukan pengisian daya sampai 25 persen, dan itu hanya membutuhkan waktu sembilan menit saja. Ini berkat teknologi SuperDart Charge 80W. Menonton drakor Happiness satu episode yang berdurasi 1 jam 10 menit, hanya mampu menghabiskan baterai sebanyak 4 persen. Hemat sekali.

Kesimpulan

Desain dan pengisian daya cepat saat ini memang merupakan sebuah kebutuhan mendesak bagi para pengguna smartphone. realme GT Neo 3 80W memiliki semua kelebihan tersebut. Kamera untuk merekam video dan mengabadikan gambar di malam hari dengan hasil yang ciamik merupakan sebuah bonus. Apalagi jika smartphone ini dibanderol dengan harga yang masih cukup terjangkau.



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.