Ruja Ignatova, Cryptoqueen Masuk Daftar Paling Dicari oleh FBI

Posted on


Ruja Ignatova
Foto: Sky News

Hikawan.com— Ruja Ignatova yang dijuluki sebagai cryptoqueen asal Bulgaria ini ternyata masuk dalam 10 daftar buronan yang paling dicarin oleh FBI. Dirinya diduga terlibat dalam kasus penipuan cryptocurrency.

Si cryptoqueen ini dituduh menipu investor sebanyak 4 miliar dollar AS atau sekitar 59 miliar rupiah dengan menjual cryptocurrency palsu. Yang mana dinamakan OneCoin, mata uang crypto yang ia kenalkan pada awal tahun 2014.

Ignatovita sendiri telah diburu karena perannya dalam menjalankan OneCoin tersebut. Dirinya menawarakan orang-roang yang membeli mata uang tersebut dengan iming-iming mendapatkan komisi jika bisa membujuk seorang lainnya untuk ikut membeli.

Meski begitu, OneCoin telah dinyatakan tak bernilai dan tak dilindungi oleh teknologi blockchain seperti mata uang kripto lainnya oleh agen FBI. Blockchain sendiri merujuk pada sebuah bank data khusus yang mencatat setiap transaksi menggunakan mata uang kripto.

Ruja Ignatova
Foto: BBC

Menurut jaksa federal, OneCoin sendiri adalah skema Ponzi yang disamarkan sebagai mata uang kripto.

“Dia mengatur waktu sekmanya dengan sempurna, memanfaatkan keriuhan spekulasi pada masa awal-awal mata uang kripto,” ujar jaksa federal di Manhattan, Damian Williams.

Ruja Ignatova sendiri merupakan seorang berwarga negaraan Jerman. Menurut pernyataan jaksa yang dikutip dari Sky News, dirinya menghilang pada akhir tahun 2017 lalu setelah menyadap sebuah flat milik pacar Amerika-nya dan mengetahui bahwa dirinya bekerja sama dengan penyeledik dari FBI untuk OneCoin.

Dirinya naik terbang dari Bulgaria ke Yunani dan tak terlihat lagi sejak saat itu. FBI menawarkan hadiah sebesar 100.000 dollar AS atau sekitar 1,5 miliar rupiah bagi yang berhasil mendapatkan informasi dan menangkapnya.

Menurut biro tersebut, Ruja Ignatova sendiri diyakini berpergian dengan penjagan bersenjata dan atau rekanan. Dirinya jug amungkin telah menjalani operasai plastik dan mengubah penampilannya.

Ruja Ignatova sendiri menjadi satu-satunya perempuan yang masuk ke dalam daftar 10 orang paling dicaari FBI.



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.