Samsung Pimpin Pangsa Pasar Smartphone Global, Jadi Nomor 1

Posted on


Samsung
Ilustrasi Galaxy A53 5G

Hikawan.com— Sebuah laporan kembali menyatakan bahwa Samsung berhasil pimpin pangsa pasar smartphone global. Perusahaan tersebut kembali mempertahankan posisinya di nomor satu.

Setelah berhasil menjadi produsen smartphone nomor satu dalam kuartal pertama 2022, Samsung kembali pertahankan posisinya pada peringkat pertama di pangsa pasar global sejumlah 21 persen pada kuartal kedua 2022. Penjualan Galaxy A Series menjadi salah satu faktornya.

Menurut data berdasarkan angka penjualan kuartal kedua perusahaan dari riset pasar Canalys, mengungkap bahwa terjadi penurunan 9 persen dalam pengiriman smartphone dari tahun ke tahun. Analisis deskriptif ini mengungkap terkait alasan masalah  kesulitan ekonomi regional dan dunia.

Samsung

Setelah Samsung, Apple duduki peringkat kedua di pangsa pasar smartphone

Apple mampu pertahankan pangsa pasar terbaik kedua di antara semua produsen ponsel dengan 17 persen berkat permintaan yang tinggi untuk seri iPhone 13-nya. Sementara, Xiaomi, OPPO dan Vivo masing-masing berada di urutan ketiga, keempat dan kelima.

Samsung
Ilustrasi iPhone 13

Perhitungan data dari kuartal kedua ini melihat pengurangan pengiriman telepon untuk masing-masing perusahaan. Meniggalkan mereka dengan pangsa pasar masing-masing 14% untuk Xiaommi, 10% untuk OPPO dan 9% untuk pasar global Vivo.

Runar Bjrhovde, Analis Riset Canalys menyatakan bahwa vendor terpaksa meninjau kembali taktik mereka di kuarta kedua. Hal tersebut dikarenakan prospek pasar smartphone menjadi lebih berhati-hati.

Hambatan ekonomi, permintaan yang lamban dan penumpukan inventaris, vendor dengan cepat menilai kembali strategi portofolio mereka untuk sisa tahun 2022. Kelas menengah yang kelebihan pasokan merupakan segmen yang terbuka bagi vendor untuk fokus menyesuaikan peluncuran baru. Hal tersebut dikarenakan konsumen dengan budget yang terbatas memilih untuk membeli ponsel di kelas bawah.

Sebagai catatan, pangsa pasar Apple meningkat 21,4 persen secara tahunan. Dengan kenaikan pangsa pasar di kuarta kedua sebesar 16,7% dari tahun ke tahun, Samsung berada di posisi kedua setelah Apple.

Samsung
Ilustrasi vivo T1 Pro 5G

Vivo sendiri kehilangan sejumlah 10% dari pangsa pasar kuarta kedua 2021 pada tahun 2022. Sementara, OPPO mengalami penurunan tahunan sebanyak 9,1% dalam pangsa pasar kuartal kedua. Xiaomi mengalami kerugian sebesar 17,6% dari pangsa pasar kuartal kedua 2021.



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.